(0751) 444344 akademik.stifarm@gmail.com | pmb.stifarm@gmail.com
berita

Sambut Mahasiswa Baru, STIFARM Padang Sukses Gelar PPKMB Secara Daring

Kamis/23-09-2021 (10:59:57) Dibaca 1274

Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi (STIFARM) Padang telah sukses menyelenggarakan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) angkatan 2021/2022 via daring. Acara PPKMB tersebut digelar pada 20-22 September 2021 dan diikuti oleh 264 mahasiswa. PKKMB ini dilaksanakan sebagai jembatan perantara bagi mahasiswa baru untuk lebih mengenali tentang kehidupan kampus dan civitas akademika, sehingga dapat beradaptasi dengan dunia kampus dan mengenal kampus lebih dekat yang nantinya sebagai tempat menuntut ilmu dan melatih soft skills.

Soft skills dapat menentukan kesuksesan sebesar 85% Ungkap Wakil Gubernur Sumbar".

Bapak Ir. Audy Joinaldy, S.Pt, M.Sc, MM, IPM, ASEAN. Eng, selaku Wakil Gubernur Sumatera Barat memberikan kata sambutan pada acara pembukaan PPKMB STIFARM Padang. Selain memberikan kata sambutan, beliau juga memberikan motivasi kepada mahasiswa baru angkatan 2021/2022. Harus selalu bersemangat, kelak kalian yang akan menjadi pemimpin bangsa ini yang akan membawa Indonesia menuju Indonesia emas, ujar beliau pada saat akan mengakhiri kata sambutan.

Dalam rangka menyambut mahasiswa baru, pada acara PPKMB ini mengusung tema Melalui PKKMB Kita Tingkatkan Karakter Kemandirian Hidup Sehat, Intelektual dan Nasionalisme di Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Kebiasaan Baru. Melalui tema tersebut diharapkan STIFARM Padang dapat mengantarkan para mahasiswa menjadi generasi yang berkarakter hidup sehat, diiringi dengan menjadi insan yang berintelektualitas dan berjiwa nasionalisme yang tinggi, serta mampu menghadapi tantangan era revolusi 4.0.

Setelah kata sambutan oleh Bapak Wakil Gubernur Sumatera Barat, acara dilanjutkan dengan materi tentang Pendidikan Tinggi dan Strategi Belajar di Perguruan Tinggi pada Revolusi 4.0 dan Kebiasaan Baru (Belajar di Masa Pandemi) yang dipaparkan oleh Ibu apt. Najmiatul Fitria, Ph.D, yang merupakan salah satu dosen di Universitas Andalas. Diakhir materi, beliau menutup dengan memberikan beberapa tips belajar bagi generasi Z, yakni para mahasiswa baru yang sebentar lagi akan mengikuti perkuliahan di bangku Perguruan Tinggi.

Perlu dibangun motivasi dari dalam diri (internal motivation) dan dari lingkungan (external motivation) untuk mengoptimalkan konsistensi dan komitmen dalam belajar selama di Perguruan Tinggi. -Dr. Rahmi Fahmy, SE, MBA.

Pada hari berikutnya, materi diawali tentang Strategi Belajar, Motivasi dan Penyesuaian Diri di Perguruan Tinggi dan Pengenalan Nilai Budaya, Etika, Tata Krama, Norma Kehidupan Kampus, Plagiarisme, Pencegahan Kejahatan Seksual di Kampus serta Terampil dan Bijak dalam Berkomunikasi melalui Media Sosial oleh Ibu Dr. Rahmi Fahmy, SE, MBA.  Pada saat memaparkan materi, beliau juga berwanti-wanti memberikan pesan kepada mahasiswa baru agar selalu menjaga motivasi belajar selama di Perguruan Tinggi.