blog post

PENDAHULUAN

Pada saat sekarang telah terjadi perubahan pada seluruh tatanan kehidupan masyarakat, termasuk sektor ketenagakerjaan dan bidang pendidikan, hal ini adalah akibat diterimanya era golablisasi diseluruh dunia, sehingga batas suatu negara menjadi suatu batas yang mudah ditembus “boleh dikatakan menjadi membran semipermiable dua arah“. Mobilitas penduduk termasuk tenaga kerja dan mahasiswa antar negara berlangsung sangat cepat, dan tentunya ini merupakan tantangan bagi pemerintah, perguruan tinggi maupun sektor swasta lainnya. Bagi perguruan tinggi mau tidak mau harus berbenah diri untuk menghadapi tantangan tersebut, untuk menyiapkan para lulusan yang siap berkompetisi dalam pangsa pasar kerja, sekaligus untuk mendapatkan pengakuan dari dunia luar terhadap lulusannya. Berdasarkann hal diatas maka setiap program studi haruslah menata diri, sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang diatur dalam Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik indonesia Nomor 44 tahun 2015.

Perbaikan dan evaluasi kurikulum merupakan salah satu kunci untuk berhasilnya para lulusan suatu program studi. Dalam Undang-undang No. 12 tahun 2012, tentang Pendidikan Tinggi, kurikulum diterjemahkan sebagai seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan ajar serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelnggaraan kegiatan proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan pendidikan.

Seperti diketahui kurikulum bukanlah merupakan harga mati, dia bersifat fleksibel dan akan berubah sesuai dengan perkembangan IPTEK, kebutuhan masyarakat, kemajuan zaman, dan kebijakan pemerintah. “Curiculum  change is inevitable and desirable“. Kurikulum akan berobah sesuai dengan tradisi lima tahunan, perobahan visi dan misi program studi, serta perkembangan IPTEK, kebutuhan masyarakat dan pemangku kepentingan dan kecendrungan masa depan.

Berdasarkan hal-hal diatas serta menyambut tahun akademik 2016/2017, STIFARM Padang memandang perlu untuk melakukan peninjauan ulang dan evaluasi terhadap kurikulum yang masih berlaku, dimana kurikulum ini akan disusun dengan memperhatikan Undang – Undang Republik Indonesia No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia ( KKNI ), Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013 tentang penerapan Kerangkan Kualifikasi Nasional Indonesia Bidang Pendidikan Tinggi dan sesuai dengan Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik indonesia Nomor 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

 

Berdasarkan Surat Keputusan Ketua STIFARM Padang Nomor : 015/STIFARM/SK/XII/2016 :

BAB III

SISTEM STUDI MAHASISWA

Pasal 4

  1. Program pendidikan di STIFARM Padang adalah jalur pendidikan formal pendidikan tinggi akademik berdasarkan undang – undang No. 12 Tahun 2012 
  2. Penyelenggaraan pendidikan dilaksanakan atas dasar kurikulum yang disusun sesuai dengan sasaran dan tujuan dari program studi.
  3. Program studi seperti dimaksud pada ayat (2) di atas dapat merupakan satuan pendidikan akademik dan profesional.

Pasal 5

Dalam rangka penyelesaian studi, seorang mahasiswa harus membuat dan menyelesaikan skripsi.

Pasal 6

  1. Bobot atau nilai kredit Skripsi adalah seminar 1 SKS, ujian komprehensif 1 SKS dan skripsi 5 SKS.
  2. Penulisan dan pembuatan Skripsi berdasarkan pedoman tersendiri yang dibuat oleh STIFARM Padang.

 Pasal 7

Masa Studi

Masa studi terdiri :

  1. Program studi Strata 1 dijadwalkan delapan semester, tetapi dapat ditempuh kurang dari 8 (delapan) semester, dan selambat-lambatnya 14 semester sesuai dengan Peraturan Menteri RISTEK DIKTI Nomor 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
  2. Bagi mahasiswa lanjutan masa studi paling lama 6 semester atau 12 semester dihitung sejak masuk D3.
  3. Mahasiswa yang masa studinya melebihi ketentuan tersebut diatas di luar masa cuti akademik dinyatakan drop out (DO).

Pasal 8

  1. Satu tahun akademik terdiri dari dua semester, yaitu semester ganjil dan semester genap dan dapat diselingi oleh satu semester antara.
  2. Durasi setiap semester terdiri dari 16 - 19 minggu dengan perincian 12 - 14 minggu perkuliahan efektif, dua minggu termasuk  UTS, dua minggu UAS dan satu minggu untuk penggantian perkuliahan karena libur hari besar.
  3. 1 (satu) SKS pada proses pembelajaran berupa kuliah, responsi, atau tutorial, terdiri atas kegiatan tatap muka 50 (lima puluh) menit per minggu per semester; kegiatan penugasan terstruktur 60 (enam puluh) menit per minggu per semester; dan kegiatan mandiri 60 (enam puluh) menit per minggu per semester.
  4. 1 (satu) SKS pada proses pembelajaran berupa seminar atau bentuk lain yang sejenis, terdiri atas kegiatan tatap muka 100 (seratus) menit per minggu per semester; dan kegiatan mandiri 70 (tujuh puluh) menit per minggu per semester.
  5. 1 (satu) SKS pada proses pembelajaran berupa praktikum, praktik studio, praktik bengkel, praktik lapangan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan/atau proses pembelajaran lain yang sejenis, 170 (seratus tujuh puluh) menit per minggu per semester.
  6. Mata kuliah dilaksanakan dengan strategi pembelajaran Team Teaching yang secara penuh pelaksanaannya diatur dengan ketentuan sendiri.

Pasal 9

Beban Studi

  1. Beban studi adalah sekurang – kurangnya 144 (seratus empat puluh empat) SKS dan sebanyak – banyaknya 160 (seratus enam puluh) SKS.
  2. Pada setiap semester ditawarkan sejumlah matakuliah yang dapat dipilih oleh mahasiswa dengan mengisi KRS yang disahkan oleh Penasehat Akademik.

Pasal 10

1.Beban studi seorang mahasiswa pada setiap semester paling kurang 12 SKS, dan sebanyak – banyaknya 24 SKS.

2. Jumlah beban studi yang dinyatakan dengan SKS yang dapat diambil oleh mahasiswa  dalam suatu semester ditentukan oleh IP mahasiswa yang bersangkutan pada semester sebelumnya dengan persetujuan Penasehat Akademik (PA), berdasarkan pedoman berikut:

Indeks Prestasi semester Sebelumnya

Maksimum jumlah sks yang dapat diambil

a.      Kurang dari 1,50

b.      Dari 1,50 s/d 1,99                               

c.      Dari 2 s/d 2,74

d.      Dari 2,75 s/d 3,24

e.      Sama atau besar dari 3,25

12 sks

15 sks

18 sks

21 sks

24  sks

3. Dalam hal yang dianggap perlu Penasehat Akademik (PA) dapat menyetujui pengambilan jumlah SKS yang berbeda dari pedoman di atas, dengan persetujuan Ketua Bidang Akademik.

BAB  V

KURIKULUM DAN MATAKULIAH

Pasal 14

  1. Mata kuliah pada STIFARM Padang merupakan Kurikulum Pendidikan Tinggi yang berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
  2. Kurikulm STIFARM Padang terdiri atas:
    • Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU) adalah mata kuliah wajib muatan nasional yang ditujukan untuk membentuk sikap dan tata nilai;
    • Mata Kuliah Wajib (MKW) adalah mata kuliah yang ditujukan untuk menghasilkan kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, dan kemampuan mengelola kewenangan serta tanggung jawabnya; dan
    • Mata Kuliah Pilihan (MKP) adalah mata kuliah yang ditujukan untuk pengembangan kemampuan sesuai minat mahasiswa.

Pasal 15

1. Setiap mata kuliah dapat diselenggarakan dalam bentuk kegiatan akademik berikut:

  • Tatap muka;
  • Praktikum laboratorium;
  • Praktek Kerja lapangan;
  • Penelitian; dan
  • Kegiatan akademik lainnya.

2. Setiap mata kuliah dengan kegiatan akademik seperti dimaksud pada ayat (1) diatas yang terstruktur dan diberikan secara terjadwal harus dilengkapi dengan kode huruf, kode nomor atau kode angka, serta diberikan bobot yang dinamakan Nilai Kredit.

3. Perkuliahan dilakukan secara teratur dalam satu semester yang dilengkapi dengan daftar hadir yang ditandatangani sendiri oleh mahasiswa dan dosen pengasuh/pengampu.

4. Tujuan dan materi dari setiap mata kuliah seperti yang dimaksud pada ayat (2) di atas, dinyatakan dalam silabus atau sinopsis dari mata kuliah yang bersangkutan.

5. Silabus atau sinopsis setiap mata kuliah diuraikan dalam Rencana Pembelajaran (RPS) yang di susun oleh dosen yang bersangkutan.

Pasal 16

  1. Setiap mata kuliah diasuh dan dikembangkan oleh bagian atau unit pelaksana.
  2. Penambahan, penghapusan, penggabungan atau pemecahan mata kuliah dalam kurikulum ditetapkan oleh Ketua STIFARM Padang atas usulan Wakil Ketua I Bidang Akademik dan Kepala Program Studi, yang telah melalui kajian yang mendalam oleh Senat STIFARM Padang.
  3. Semua mata kuliah yang ditawarkan untuk setiap semester harus terdaftar pada Sistem Informasi Manajemen (SIM) STIFARM Padang.

 

SEBARAN MATA KULIAHTIAP SEMESTER

SEMESTER I

No

Kode M.K

Mata Kuliah

SKS

1

FAU B 110

Agama

2(2,0)

2

FAU B 111

Bahasa Indonesia

2(2,0)

3

FAU B 112

Ilmu Budaya dasar

2(2,0)

4

FAU B 113

Fisika Dasar

2(2,0)

5

FAU B 114

Matematika Farmasi

2(2,0)

6

FAB B 115

Biologi Sel

2(2,0)

7

FAK B 116

Kimia Dasar Farmasi

2(2,0)

8

FAK B 117

Kimia Organik I

3(2,1)

9

FAT B 118

Pengantar Ilmu Farmasi

1(1,0)

10

FAT B 119

Formulasi dasar I

3(2,1)

 

Jumlah

21(19,2)

 

SEMESTER II

No

Kode M.K

Mata Kuliah

SKS

1

FAU B 120

Pancasila & Kewarganegaraan

2(2,0)

2

FAU B 121

Ilmu Kesehatan Masyarakat

2(2,0)

3

FAB B 122

Botani Farmasi

3(2,1)

4

FAK B 123

Kimia Organik II

2(2,0)

5

FAK B 124

Kimia Analitik

3(2,1)

6

FAF B 125

Pengantar Farmakologi

2(2,0)

7

FAF B 126

Anatomi Fisiologi Manusia I

2(2,0)

8

FAT B 127

Formulasi Dasar II

3(2,1)

 

Jumlah

19(16,3)

 SEMESTER III

No

Kode M.K

Mata Kuliah

SKS

1

FAU B 230

Manajemen Farmasi

2(2,0)

2

FAB B 231

Farmakognosi I

2(2,0)

3

FAK B 232

Kimia Fisika I

2(2,0)

4

FAK B 233

Analisis Fisiko Kimia

3(2,1)

5

FAK B 234

Biokimia

2(2,0)

6

    FAF B 235

Anatomi Fisiologi Manusia II

3(2,1)

7

FAT B 236

Farmasi Fisika I

2(2,0)

8

FAT B 237

Teknologi Farmasi I

3(2,1)

 

Jumlah

19(16,3)

 

SEMESTER IV

No

Kode M.K

Mata Kuliah

SKS

1

FAB B 240

Farmakognosi II

3(2,1)

2

FAK B 241

Kimia Fisika II

3(2,1)

3

FAK B 242

Metoda Pemisahan

2(2,0)

4

FAF B 243

Patofisiologi

2(2,0)

5

FAF B 244

Farmakologi I

2(2,0)

6

FAT B 245

Farmasi Fisika II

3(2,1)

7

FAT B 246

Teknologi Farmasi II

3(2,1)

8

FAT B 247

Teknologi Fitofarmaka

2(2,0)

 

Jumlah

20(16,4)

 SEMESTER V

No

Kode M.K

Mata Kuliah

SKS

1

FAU B 350

Kewirausahaan Farmasi

2(2,0)

2

FAU B 351

Statistika & Metodologi Penelitian Farmasi

2(2,0)

3

FAK B 352

Kimia Farmasi Analisis I

3(2,1)

4

FAF B 353

Serologi Imunologi

2(2,0)

5

FAF B 354

Patologi Klinik

2(2,0)

6

FAF B 355

Farmakologi II

3(2,1)

7

FAT B 356

Biofarmasetika & Farmakokinetika

3(2,1)

8

FAT B 357

Teknologi Farmasi III

3(2,1)

 

Jumlah

20(16,4)

 

SEMESTER VI

No

Kode M.K

Mata Kuliah

SKS

1

FAB B 360

Fitokimia

3(2,1)

2

FAB B 361

Mikrobiologi Farmasi

3(2,1)

3

FAK B 362

Kimia Farmasi Analisis II

3(2,1)

4

FAF B 363

Farmakoterapi I

2(2,0)

5

FAF B 364

Farmakoterapi II

2(2,0)

6

FAF B 365

Farmakokinetik Klinik

2(2,0)

   7

FAT B 366

Sistem Penghantaran Obat

2(2,0)

8

FAT B 367

Radio Farmasi

2(2,0)

9

FAT B 368

QA & Validasi

2(2,0)

 

Jumlah

21(18,3)

 

SEMESTER VII

No

Kode M.K

Mata Kuliah

SKS

1

FAU B 470

Bahasa Inggris Farmasi

2(2,0)

2

FAK B 471

Kimia Medisinal

3(3,0)

3

FAK B 472

Analisia Obat Herbal

3(2,1)

4

FAF B 473

Farmakoterapi III

2(2,0)

5

FAF B 474

Farmakoterapi IV

2(2,0)

6

FAF B 475

Farmasi Rumah Sakit

2(2,0)

7

 

Elektif I

2(2,0)

 

Jumlah

16(15,1)

 SEMESTER VIII

No

Kode M.K

Mata Kuliah

SKS

1

FAU B 480

Seminar

1(1,0)

2

FAU B 481

Skripsi

5(0,5)

3

FAU B 482

Ujian Komprehensif

1(0,1)

4

 

Elektif II

2(2,0)

 

FAP B 483

Praktek Kerja Farmasi (PKF)

2(0,2)

 

Jumlah

11(3,8)

ELEKTIF GANJIL

No

Kode M.K

Mata Kuliah

SKS

1

FAU B 476

Etika & Perundang-undangan Farmasi

2(2,0)

2

FAK B 477

Sintesa Obat

2(2,0)

3

FAF B 478

Teknik Evaluasi Bio-aktivitas

2(2,0)

4

FAT B 479

Pengantar Kristalografi

2(2,0)

 

Jumlah

8(8,0)

 ELEKTIF GENAP

No

Kode M.K

Mata Kuliah

SKS

1

FAK B 484

Immuno Bioassay

2(2,0)

2

FAK B 485

Bioteknologi Farmasi

2(2,0)

3

FAF B 486

Farmasi Klinik

2(2,0)

4

FAF B 487

Toksikologi

2(2,0)

5

FAF B 488

Interaksi Obat

2(2,0)

6

FAT B 489

Preformulasi

2(2,0)

 

Jumlah

12(12.0)

 

  • Bagikan